top of page
Header.jpg
LOGO TRD KOTAK.png

Tahukah Anda, Bagaimana Cara Kerja Mesin Kapal Laut Saat Mengerem?

Setiap kendaraan, baik di darat maupun di laut, pastinya memerlukan sistem pengereman yang dapat diandalkan untuk menjamin keselamatan serta kemudahan dalam mengendalikan kendaraan tersebut. Dalam dunia maritim, mengendalikan laju kapal bukanlah suatu hal yang mudah. Sistem pengereman kapal laut sangat berbeda dibandingkan dengan kendaraan darat, karena menggunakan teknik khusus serta memiliki bagian-bagian penting yang harus dipahami dengan baik. Penasaran bagaimana cara kerja mesin kapal laut saat mengerem? Mari kita bahas pada artikel kali ini! 


Kapal laut biasanya menggunakan dua metode untuk mengendalikan kecepatannya, yakni propeller dan jangkar kapal. Kedua komponen tersebut memiliki peran penting dalam mengontrol pergerakan kapal, diantaranya sebagai berikut.



Propeller


shipyard indonesia

Propeller atau baling-baling adalah salah satu komponen utama untuk menggerakkan kapal. Komponen ini bekerja dengan meneruskan putaran dari mesin induk ke propeller, yang kemudian menghasilkan putaran dengan kecepatan rotasi tertentu. Namun, bagaimana propeller ini membantu kapal dalam proses pengereman?Pada sistem transmisi kapal, terdapat gear box atau roda gigi yang memainkan peranan penting. Gear box ini tidak hanya mengatur kecepatan putar propeller, tetapi juga mengubah arah putaran. Saat kapal perlu memperlambat laju atau berhenti, propeller akan berputar ke arah yang berlawanan sehingga mengurangi kecepatan kapal perlahan-lahan hingga mencapai titik berhenti.


Propeller tidak hanya membantu dalam melakukan pengereman, tetapi juga dapat membuat kapal untuk bergerak mundur saat diperlukan. Metode pengereman ini merupakan hal yang sangat penting, terutama saat kapal mendekati pelabuhan atau ketika harus berhenti mendadak di tengah lautan.



Jangkar Kapal


shipyard indonesia

Selain menggunakan propeller untuk pengereman, kapal laut juga dilengkapi dengan jangkar sebagai alat penahan darurat. Jangkar digunakan untuk membatasi gerakan kapal saat menghadapi masalah teknis di laut, seperti terkena ombak besar, angin kencang, atau saat mesin mati (blackout).Penggunaan jangkar ini sangat penting di luar pelabuhan. Ketika kapal mengalami masalah teknis seperti mati mesin atau kehilangan kendali, jangkar dapat dilepaskan untuk membuat kapal tetap pada posisi yang aman. Hal seperti ini dapat membuat waktu tambahan bagi kru kapal atau kapal penyelamat untuk menanggapi situasi tanpa khawatir kapal akan terombang-ambing.


Jadi, itulah dua metode kapal laut saat melakukan pengereman. Gabungan kedua metode ini memastikan kapal dapat beroperasi dengan aman di berbagai situasi, baik di perairan terbuka maupun di pelabuhan.



Pentingnya Merawat Kapal Terutama Sistem Pengereman agar Bisa Berjalan dengan Lancar


Merawat mesin kapal terutama bagian sistem pengereman seperti propeller dan gear box, sangat penting untuk memastikan kapal dapat beroperasi atau berlayar dengan aman. Maka dari itu, lakukan pemeriksaan rutin kapal Anda bersama Divisi Shipyard PT Tri Ratna Diesel Indonesia yang menerima jasa perawatan kapal dan jasa perbaikan kapal.


Dengan melakukan perawatan kapal di PT Tri Ratna Diesel Indonesia, kami dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi potensi masalah yang bisa mencegah kerusakan lebih serius. 



Pilih Divisi Shipyard PT Tri Ratna Diesel Indonesia Sebagai Partner Terpercaya dalam Jasa Perawatan Kapal hingga Jasa Pembuatan Kapal


Selain menerima layanan jasa perawatan kapal dan jasa perbaikan kapal, Divisi Shipyard PT Tri Ratna Diesel Indonesia juga menerima jasa pembuatan kapal dengan beragam pilihan kapal berkualitas seperti passenger boat, crew boat, fishing boat, dan berbagai jenis kapal lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Jadi, jangan ragu untuk memilih Divisi Shipyard PT Tri Ratna Diesel Indonesia sebagai partner terpercaya Anda dalam melayani jasa pembuatan kapal, jasa perbaikan kapal, dan jasa perawatan kapal.


Dengan pengalaman tim ahli kami yang teruji selama bertahun-tahun dalam industri perkapalan, kami siap memberikan pelayanan terbaik dalam jasa pembuatan kapal, jasa perbaikan kapal, dan jasa perawatan kapal untuk Anda! Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.



PT TRI RATNA DIESEL INDONESIA

Alamat: Jl. Raya Bambe Km 19,3 Driyorejo - Gresik, Jawa Timur, Indonesia

Telepon: 031-750 8551


SHIPYARD

Alamat: Dusun Genting Timur, Tanggul Paciran, Lamongan, Jawa Timur, Indonesia

Comments


bottom of page