top of page
Header.jpg
LOGO TRD KOTAK.png

Tips Menyimpan Sparepart Mesin dengan Benar Supaya Lebih Awet

Ketika berbicara tentang menyimpan sparepart, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya stok sparepart mesin Anda tetap dalam kondisi prima. Strategi penyimpanan yang tepat akan menjaga kualitas dan ketahanan dari sebuah sparepart. Tetapi, bagaimana cara menyimpan sparepart mesin supaya lebih awet? Mari kita ulas lebih dalam pada artikel kali ini!


pabrik mesin diesel

Cara Menyimpan Sparepart Mesin Supaya Lebih Awet


Di bawah ini merupakan langkah-langkah dalam menyimpan sparepart mesin dengan benar, antara lain sebagai berikut. 


Persiapkan Tempat Penyimpanan yang Aman

Tempatkan sparepart mesin pada permukaan yang datar atau rata di area yang bebas dari getaran. Gunakan rak atau pallet kokoh yang bebas dari debu, lalu beri label nama pada rak tersebut untuk memudahkan identifikasi sparepart yang disimpan sehingga dapat mengurangi waktu pencarian dan risiko kerusakan akibat salah penempatan.


Kontrol dan Batasi Kelembaban Suhu Ruangan

Selalu kontrol dan batasi kelembapan relatif di area penyimpanan. Pastikan suhu ruangan tetap terjaga pada kisaran 15 hingga 20 derajat Celcius dengan kelembapan udara yang tidak lebih dari 50%. Gunakan alat pengukur suhu kelembapan untuk memastikan agar kondisi ruangan tetap optimal.


Simpan dalam Kemasan Asli yang Belum Dibuka

Sebaiknya, simpan stok sparepart mesin dalam kemasan aslinya yang belum dibuka, karena kemasan asli biasanya dirancang untuk melindungi sparepart dari faktor-faktor eksternal yang dapat merugikan. Apabila kemasan asli terlanjur dibuka, pastikan sparepart disimpan kembali dalam kemasan yang bersih dan rapat agar sparepart mesin tetap terlindungi.



Apa yang Terjadi Jika Sparepart Mesin Tidak Disimpan dengan Benar?


Apabila kita tidak menyimpan sparepart dengan benar, maka akan timbul beberapa masalah serius yang dapat berdampak buruk pada kualitas dan performa sparepart, antara lain:


Rentan terhadap Korosi, Kontaminasi, hingga Kerusakan Struktural

Sparepart yang tidak disimpan dengan baik dapat terkena kelembapan dari suhu/udara yang bisa menyebabkan korosi, terpapar debu atau bahan kimia yang mengakibatkan kontaminasi, serta mengalami deformasi dan keretakan akibat letak penyimpanan yang tidak tepat.


Efisiensi Produksi Menurun

Jika sparepart tidak disimpan dengan baik dan benar, sparepart akan cepat rusak atau bahkan tidak berfungsi secara optimal sehingga dapat mengurangi efisiensi dan kecepatan dalam produksi.


Meningkatnya Biaya Perbaikan pada Mesin

Penyimpanan yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan pada sparepart. Akibatnya, mesin akan memerlukan perawatan lebih sering yang dapat meningkatkan biaya perbaikan. 



Jadikan Machining Center PT Tri Ratna Diesel Indonesia sebagai Partner dalam Jasa Pembuatan Custom Sparepart 


Sebagai salah satu perusahaan yang berfokus pada penyediaan mesin diesel dan juga custom sparepart di bidang agraris, Machining Center PT Tri Ratna Diesel Indonesia menawarkan layanan jasa fabrikasi atau jasa CNC, salah satunya dalam jasa pembuatan sparepart. Kami memproduksi custom sparepart dengan standar yang tinggi dan memiliki harga kompetitif, sehingga dapat menjadi solusi yang pas untuk kebutuhan industri Anda!


Dengan menggunakan custom sparepart produksi Machining Center PT Tri Ratna Diesel Indonesia, kami dapat menjamin bahwa kualitas yang dimiliki oleh sparepart kami bisa membantu dalam meningkatkan kelancaran operasional bisnis Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kami untuk pemesanan custom sparepart mesin sekarang juga!



MACHINING CENTER - PT TRI RATNA DIESEL INDONESIA

Alamat: Jl. Raya Bambe Km 19,3 Driyorejo - Gresik Jawa Timur Indonesia

Telepon: 031 750 7269

留言


bottom of page