top of page
Header.jpg
LOGO TRD KOTAK.png

Tips Merawat Mesin Diesel Pertanian pada Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, penting untuk merawat alat pertanian agar kondisi mesin diesel tetap aman sehingga dapat bekerja secara optimal saat digunakan. Kondisi yang basah dan lembap selama musim penghujan bisa berdampak buruk pada mesin diesel pertanian apabila tidak dirawat dengan baik. Lalu, bagaimana cara merawatnya? Langsung saja, kita bahas!


jual mesin diesel

Tips Merawat Mesin Diesel Pertanian


Berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam merawat mesin diesel pertanian terutama saat musim penghujan, antara lain:



1. Bersihkan Mesin Secara Berkala


Pastikan untuk membersihkan mesin diesel pertanian secara berkala setelah digunakan agar tidak ada air hujan dan lumpur yang menempel pada mesin. Gunakan air bersih dan lap kering untuk menghilangkan kotoran serta sisa-sisa lumpur. Membersihkan mesin tidak hanya berfungsi untuk menjaga penampilan, tetapi juga untuk mencegah kerusakan yang lebih serius akibat penumpukan kotoran.



2. Simpan Mesin dalam Kondisi Kering


Kelembapan adalah musuh utama mesin selama musim penghujan. Setelah mesin diesel dibersihkan, pastikan mesin benar-benar kering sebelum disimpan. Tempatkan mesin di ruangan yang kering agar terlindungi dari hujan, lalu gunakan kain atau plastik sebagai pelindung untuk menutupi mesin.



3. Rutin Berikan Pelumas


Pada saat musim penghujan, kelembapan bisa menyebabkan pelumas cepat hilang atau bercampur dengan air sehingga tidak dapat melumasi mesin dengan baik. Rutinlah untuk memberikan pelumas pada bagian-bagian mesin yang bergerak. Jangan lupa untuk memilih pelumas yang tahan terhadap air dan kelembapan.



4. Isi Penuh Tangki Bahan Bakar


Jangan biarkan tangki bahan bakar menjadi kosong atau hanya terisi setengah penuh, karena hal ini dapat menyebabkan pengumpulan uap air di dalamnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan tangki bahan bakar selalu terisi penuh setelah digunakan sehingga dapat mengurangi ruang bagi uap air untuk berkumpul. Selain itu, gunakan bahan bakar berkualitas yang mengandung aditif anti karat.



5. Periksa Oli dan Cairan Lainnya


Oli dan cairan lainnya seperti cairan pendingin dan cairan hidrolik sangat penting untuk performa mesin diesel. Selama musim penghujan, ada risiko air yang masuk ke dalam sistem oli dan cairan lainnya. Oleh karena itu, periksa level dan kondisi oli secara teratur. Apabila oli terlihat keruh atau berbusa, segera ganti dengan yang baru dan pastikan semua cairan berada pada level yang telah dianjurkan oleh pabrik.




Apa Dampak yang Terjadi Jika Mesin Diesel Pertanian tidak Dirawat dengan Baik?


Apabila kita tidak merawat mesin diesel pertanian dengan baik terutama saat musim penghujan, maka akan timbul beberapa masalah serius yang bisa berdampak buruk pada kualitas dan performa mesin, antara lain sebagai berikut.



Risiko Terjadinya Korosi dan Kerusakan pada Komponen Mesin


Mesin diesel yang tidak dibersihkan secara rutin dan disimpan pada ruangan yang berlembap akan mengalami korosi yang bisa merusak komponen dan memperpendek umur mesin. Selain itu, kurangnya pelumas pada mesin juga dapat meningkatkan gesekan antar komponen yang bisa menyebabkan keausan lebih cepat.



Kerusakan pada Sistem Bahan Bakar


Tangki bahan bakar yang korosi bisa menyebabkan kerusakan pada sistem bahan bakar yang akan mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan.



Kinerja Mesin Menurun


Air beserta kotoran yang masuk ke dalam oli dan cairan lainnya dapat menyebabkan penurunan pada kinerja mesin. Alhasil, kurangnya perawatan pada mesin akan menyebabkan biaya perbaikan menjadi lebih tinggi serta downtime mesin yang lebih lama.



Mengabaikan perawatan pada alat pertanian terutama mesin diesel selama musim penghujan bisa berakibat fatal. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kualitas dan performa mesin diesel pertanian Anda akan tetap terjaga sehingga bisa memperpanjang masa pakai mesin.


Sebagai salah satu pabrik mesin diesel terpercaya, PT Tri Ratna Diesel Indonesia jual mesin diesel berkualitas dengan merek 'DIAMOND' yang dilengkapi teknologi Diamond Diesel Engine. Mesin ini memiliki daya tahan yang tinggi, efisiensi bahan bakar yang optimal, ramah lingkungan, serta mudah untuk dirawat sehingga bisa menjadi solusi modernisasi yang efektif bagi para penggerak usaha di bidang pertanian, perkebunan, dan kelautan.


Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan mesin diesel buatan pabrik mesin diesel pilihan yaitu PT Tri Ratna Diesel Indonesia dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas untuk usaha Anda! Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan solusi dan informasi lebih lanjut seputar mesin diesel.


MNAUFACTURE - PT TRI RATNA DIESEL INDONESIA

Alamat: Jl. Raya Bambe Km 19,3 Driyorejo - Gresik Jawa Timur Indonesia

Telepon: 031-750 8551

Comments


bottom of page