top of page
Header.jpg
LOGO TRD KOTAK.png

Yuk Ketahui Apa Saja Jenis-Jenis Perawatan Kapal

Salah satu yang dilakukan oleh shipyard atau galangan kapal adalah melakukan perawatan kapal. Perawatan kapal sendiri memiliki berbagai jenis yang perlu diketahui. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya melakukan perawatan kapal serta jenis-jenis perawatan kapal yang perlu diketahui.



perawatan kapal


Pentingnya Melakukan Perawatan Kapal

Berikut adalah beberapa alasan mengapa melakukan perawatan kapal sangat penting:


  • Meningkatkan Umur Pakai Kapal: Dengan melakukan perawatan secara berkala, umur pakai kapal dapat diperpanjang karena kerusakan dapat dideteksi dan diperbaiki sejak dini.

  • Menjaga Keamanan Awak Kapal: Perawatan yang baik dapat mencegah terjadinya kecelakaan di laut yang dapat membahayakan keselamatan awak kapal.

  • Menjaga Kualitas Operasional: Kapal yang terawat dengan baik cenderung memiliki kinerja yang lebih baik dan efisien dalam menjalankan tugasnya.

  • Mengurangi Biaya Perbaikan: Dengan melakukan perawatan secara teratur, biaya perbaikan akibat kerusakan besar dapat diminimalisir.

  • Menjaga Nilai Kapal: Kapal yang rutin dirawat cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi karena kondisinya yang terjaga dengan baik.



Jenis-Jenis Perawatan Kapal


Predictive Maintenance

Predictive Maintenance adalah metode perawatan yang dilakukan berdasarkan analisis data dan prediksi untuk mengidentifikasi potensi kerusakan pada kapal sebelum kerusakan benar-benar terjadi. Dengan pendekatan ini, perawatan dapat dilakukan secara proaktif sehingga mengurangi downtime kapal.


Breakdown Maintenance

Breakdown Maintenance adalah salah satu jenis perawatan yang dilakukan setelah terjadi kerusakan pada kapal. Meskipun tidak ideal, namun jenis perawatan ini tetap diperlukan untuk memperbaiki kerusakan secepat mungkin agar kapal dapat kembali beroperasi.


Preventive Maintenance

Preventive Maintenance adalah tindakan perawatan yang dilakukan secara berkala berdasarkan jadwal tertentu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kapal. Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi kapal tetap prima dan menghindari kerusakan yang tidak terduga.


Corrective Maintenance

Corrective Maintenance dilakukan setelah terjadi kerusakan pada kapal dengan fokus untuk memperbaiki masalah yang ada. Tindakan ini dilakukan setelah analisis kerusakan dilakukan untuk menemukan akar permasalahan.


Total Productive Maintenance

Total Productive Maintenance adalah perawatan seluruh bagian kapal yang melibatkan semua pihak terkait, termasuk kru kapal, teknisi, manajemen, dan departemen perawatan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan budaya kerja yang proaktif dalam menjaga keandalan dan kinerja kapal.



perawatan kapal


Percayakan perawatan dan perbaikan pada divisi shipyard PT Tri Ratna Diesel Indonesia


Dalam menjaga kapal Anda dalam kondisi optimal, penting untuk mempercayakan perawatan dan perbaikan pada divisi shipyard yang terpercaya. PT Tri Ratna Diesel Indonesia menawarkan jasa perawatan kapal dan jasa perbaikan kapal yang profesional dan berkualitas. Dengan pengalaman yang luas dan tenaga kerja terampil, Anda dapat yakin kapal Anda akan dalam tangan yang tepat.


Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Divisi Shipyard PT Tri Ratna Diesel Indonesia untuk kebutuhan perawatan dan perbaikan kapal Anda. Dengan layanan yang terbaik, kapal Anda akan selalu siap berlayar dengan kondisi prima.


Dengan demikian, memahami jenis-jenis perawatan kapal sangat penting untuk menjaga kapal tetap beroperasi dengan baik. Dengan melakukan perawatan secara teratur dan tepat, Anda dapat memastikan kapal Anda selalu dalam kondisi optimal dan siap melaut.


 

 

PT TRI RATNA DIESEL INDONESIA

Alamat: Jl. Raya Bambe Km 19,3 Driyorejo - Gresik Jawa Timur Indonesia

Telepon: 031-750 8551

 

SHIPYARD

Alamat: Dusun Genting Timur, Tanggul Paciran, Lamongan Jawa Timur



Comments


bottom of page